Kelemahan Google Ads Untuk Iklan, Wajib Tahu Nih!

Tokoria.id Kelemahan Google Ads Untuk Iklan – Google Ads mungkin salah satu saluran periklanan paling populer di dunia, tetapi dalam hal hasil, ini sebenarnya salah satu yang terburuk. Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda kelemahan dan masalah terbesar Google Ads.

Kelemahan Google Ads Untuk Iklan

Berikut merupakan ulasan tentang kelemahan yang dimiliki layanan iklan Google Ads yang bisa anda ketahui:

Biaya

Dengan harga rata-rata beberapa dolar per klik, hampir tidak mungkin menghasilkan keuntungan dari pemasaran, karena itu adalah harga khas untuk CPL (cost per lead). Setiap orang yang bekerja dengan pemasaran online tahu bahwa hanya 10%–20% lalu lintas dari Google Ads yang akan berkonversi, sehingga membuatnya sangat mahal. Seringkali, uang yang dibelanjakan di Google Ads lebih besar dari jumlah keseluruhan penjualan, padahal seharusnya kurang dari margin Anda jika Anda ingin mendapat untung.

Tingkat Bounce Tinggi

Google Ads memiliki rasio Bounce tertinggi dibandingkan dengan sumber lalu lintas mana pun. Cukup sering, rasio Bounce sekitar 80-90%, ketika dengan pemasaran email, misalnya, sekitar 30-40%. Rasio Bounce yang tinggi dikombinasikan dengan BPK yang sangat tinggi membuat Google Ads benar-benar membuang-buang uang. Alasan tingginya bouncing terutama adalah jumlah klik berkualitas rendah yang tinggi.

Klik berkualitas rendah

Kelemahan Google Ads untuk Iklan selanjutnya adalah Jumlah klik berkualitas rendah yang berasal dari Google Ads sangat besar, yang menurunkan tingkat konversi secara signifikan. Alasan untuk ini adalah bagaimana orang menggunakan Google. Misalnya, jika mereka mencari “pengacara”, mayoritas akan mengklik semua sepuluh iklan yang akan muncul, dan kemudian setelah melihat di setiap situs web, shorty akan menutup 9 di antaranya. Ini berarti 90% pengiklan tidak mendapatkan lalu lintas yang valid tetapi tetap dibayar untuk kliknya.

Klik palsu

Klik palsu dihasilkan oleh pesaing, untuk menguras anggaran pemasaran suatu perusahaan. Klik palsu dapat dihasilkan oleh bot atau oleh asisten virtual yang tidak dapat dilacak oleh Google karena mereka adalah orang sungguhan. Klik palsu adalah gangguan nyata dari Google dan iklan berbasis BPK lainnya.

Kualitas rendah dan tingkat konversi rendah

Saya telah mengukur tingkat konversi di Google Ads beberapa kali dan membandingkannya dengan tingkat konversi lalu lintas Email atau SMS. Biasanya, Google Ads memiliki rasio konversi 5-10 kali lebih rendah. Itu tidak pernah menjadi lebih baik atau bahkan hasil yang sama seperti lalu lintas Email atau SMS. Ini, dibandingkan dengan harga Google Ads yang lebih tinggi, sama sekali tidak ada alasan untuk menggunakannya.

Bukan jalan pintas menuju SEO

Sementara bagi pelanggan Google Ads mungkin tampak seperti hasil pencarian organik, karena muncul di atas, itu bukan jalan pintas untuk SEO dan tidak akan berpengaruh pada peringkat situs web. Jika SEO adalah tujuan akhir Anda, Anda harus mengeluarkan uang untuk hal-hal yang benar-benar penting dan membawa hasil jangka panjang.

Lalu siapa yang menggunakan Google Ads?

Perusahaan besar tidak tahu bagaimana pemasaran online harus dilakukan. Pertama-tama, mereka masih menggunakan pemasaran online dengan cara yang sama seperti mereka menggunakan pemasaran TV, yaitu hanya untuk eksposur merek. Mereka hampir tidak pernah mengukur hasil dengan cara yang sama seperti yang dilakukan pakar pemasaran online, yaitu tingkat konversi dari klik ke pesanan.

Mereka mengukur pemasaran online dengan cara yang berlawanan: total pengeluaran anggaran pemasaran, dan total penjualan yang didapat. Ini mungkin terdengar cerdas, tetapi jika Anda memperhitungkan bahwa bahkan dengan nol pemasaran, mereka masih akan menjual cukup banyak, itu berarti pada akhirnya sangat mungkin uang yang dihabiskan untuk Google Ads menghasilkan lebih sedikit uang dalam penjualan.

Apakah ada manfaat dari Google Ads?

Ya, ada satu manfaat. Artinya tidak ada yang akan mengeluh tentang pemasaran. Inilah satu-satunya alasan mengapa perusahaan besar menyukai Google Ads karena yang mereka khawatirkan hanyalah reputasi palsu mereka. Namun, jika Anda tidak melakukan pemasaran, Anda juga tidak akan mendapatkan keluhan dan selain itu tidak kehilangan uang. Oleh karena itu manfaat dari Google Ads relatif minim.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang kelemahan Google Ads untuk Iklan yang bisa anda ketahui. Semoga dari ulasan diatas dapat menjawab keraguan anda jika ingin menggunakan jasa iklan Google Ads ini. Semoga membantu!

Scroll to Top